Rabu, 10 Agustus 2011

Peringatan Hari Bumi 2011 MPALH UNP

Pada tahun 1969 seorang senator Ameraika Serikat, Gaylord Nelson, menggagas peringatan hari bumi. Gagasan ini muncul seiring dengan pemikiran Nelson tentang pentingnya mengangkat isu-isu lingkungan ke dunia internasional. Nelson yang juga seorang pelajar ini memandang bahwa isu lingkungan perlu untuk dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan.

Akhirnya pada tanggal 22 April 1970, hari bumi diperingati untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Ternyata kegiatan ini mendapat sambutan yang menggembirakan dari masyarakat sipil. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta orang turun ke jalan untuk memperingati hari bumi untuk pertama kalinya ini.


Gaylord Nelson, Penggagas Hari Bumi

Naaaaahhh,,,,sehubungan dengan peringatan hari bumi ini, MPALH UNP yang merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang kepecintaalaman dan lingkungan hidup juga ikut untuk memperingati Hari Bumi. Berbagai kegiatan yang berbeda dilaksanakan setiap tahunnya untuk memperingati "hari" bumi.

Tahun ini MPALH UNP mengangkat kegiatan dengan tema "Kampanye Sepeda Keliling Sumatera Barat". Acara yang memakan waktu sekitar lima hari ini diselenggarakan oleh MPALH UNP dalam rangka ikut menunjukkan keprihatinan akan nasib bumi kita yang cuma satu ini. Selain itu kapanye sepeda ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mengurangi emisi carbon dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.

Suasana Pembukaan Kampanye Sepeda

Kampanye sepeda dengan jalur Padang-Pariaman-Padang Pariaman-Agam-Bukittinggi-Padang panjang-Tanah Datar-Kota Solok-Solok dan finish di Kota Padang ini berjalan dengan lancar. Dekeu, Faldi, Akank, Didi dan Tommy (atlet) dilepas oleh pembantu rektor III MPALH UNP di depan Rektorat UNP.

Selain ke empat atlet "tukang genjot" sepeda yang berlima di atas, masih ada beberapa orang yang jadi team pendukung dan operasioan lainnya yang ikut mengawal perjalanan ini. Setelah menghabiskan waktu selama sekitar lima hari di perjalanan, team kembali ke sekretariat MPALH UNP dengan selamat (dan sedikit sakit-sakit kaki,,,heheheheh,,,kaliang2 lo tu)

Atlet kampanye sepeda MPALH UNP

Apa yang diharapkan dari kegiatan ini ???
Sebenarnya hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah kesadaran masyarakat di sepanjang jalur akan pentingnya isu lingkungsn seperti yang diungkapkan oleh Gaylord Nelson 31 tahun yang lalu. Setidaknya timbul sedikit kepedulian di pikiran masyarakat,,,,Ini Lho,,,bumi kita tuh sedang terancam,,,

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan menjaga bumi yang (lagi-lagi) cuma sebiji ini.
Oooopss,,,
Selamat untuk team, panitia kegiatan dan MPALH UNP yang telah mengadakan acara ini...
LESTARI !!!! untuk bumi kita (sekali lagi) yang cuma satu,,,,

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar